Bupati Tobasa Ajak Jajarannya Mengevaluasi Pelaksanaan Pembangunan Tahun 2012

Bupati Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) mengajak seluruh jajarannya merenungkan dan mengevaluasi pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan selama tahun 2012, karena diakui masih banyak yang belum dapat direalisasikan dikarenakan keterbatasan anggaran dan sumber daya lainnya serta kekurangan dalam pelaksanaannya.

“Mari kita merenung dan mengevaluasi semuanya secara bersama, supaya di tahun 2013 kita dapat memperbaiki kekurangannya, demi mencapai keberhasilan dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya Jumat (4/1) di Plataran Kantor Bupati di Jalan Sutomo Balige, pada Open House bersama seluruh jajaran Pemkab, Uspida, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, guru, ormas, OKP dan Insan Pers.

Bupati mengatakan, Tahun Anggaran 2012, guna meningkatkan kualitas SDM di daerah itu, pihaknya telah meningkatkan kualitas guru sebanyak 378 orang melalui pelatihan. Merevitalisasi sarana dan prasarana pendidikan. Menambah beberapa unit sekolah baru seperti SMKN 1 Sigumpar, SMPN 2 Borbor, SMPN 5 Satu Atap Simanobak dan SMPN 2 Satu Atap Nassau. Harapannya dengan bertambahnya unit sekolah itu tidak ada lagi anak didik di daerah itu yang putus sekolah hanya karena jarak tempuh yang jauh.

Disisi lain, Bupati menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada guru yang telah membina anak didiknya, sehingga berhasil meraih Juara 1 Lomba Peneliti Belia Tingkat SMA se-Provsu Tahun 2012 atas nama tim terdiri dari Yanti Manurung, Armando Siahaan dan Nugraha Sinaga, siswa-siswi SMA Unggul DEL Laguboti dan Lomba Keterampilan siswa bidang study elektronika tingkat Provsu atas nama Martin Zalukhu, siswa SMK 1 Balige.

Kemudian Juara III Tingkat Provsu pada Lomba Keterampilan Bidang Otomotif atas nama Candra Napitupulu, siswa SMK Negeri 1 Balige, Juara II Siswa Berprestasi Study Matematika Non Teknologi juga Tingkat Provsu atas nama Martha Samsoir, siswa SMK Negeri 2 Balige.

“Untuk itu saya minta seluruh guru yang mengajar disekolah lain, agar lebih giat berlatih dan melatih guna peningkatan kualitas anak didik sehingga mampu bersaing dalam meraih prestasi yang menggembirakan,” pinta Bupati.

Banyak hal penting yang diutarakan Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak pada kesempatan itu. Salah satu diantaranya pemerataan guru atau tenaga pengajar di daerah itu. Dikatakannya sudah saatnya pemerintah daerah itu melakukan pemerataan tenaga pengajar diseluruh sekolah, agar tidak ada lagi penumpukan diperkotaan, sementara di desa terpencil sangat kekurangan.

“Saya minta, Sekda, Kepala Dinas Pendidikan dan SKPD terkait berkordinasi terkait hal ini untuk merumuskan pemerataan tenaga pengajar atau guru, sesuai tuntutan peraturan perundang-undangan,” tegas Bupati.

Ketua DPRD Sahat Panjaitan mengatakan, sepanjang program pemerintah berpihaknya kepada peningkatan SDM dan kesejahteraan masyarakat, pihaknya akan mendukung. Sementara mengenai APBD 2013, Sahat meminta supaya pelaksanaannya dilakukan secara sungguh-sungguh agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Masyarakat Kristen diwakili B. Siahaan dan masyarakat Muslim diwakili I Napitupulu juga mengutarakan hal serupa. Dalam membangun Tobasa tahun 2013, pemerintah diharapakn terus membangun sinergitas dengan Uspida dan seluruh elemen masyarakat, agar semua unsur berperan aktif memberhasilkan program yang dicanangkan guna peningkatan pembangunan dan kesejahteraa masyarakat daerah itu.***

By baligenews

Tinggalkan komentar